Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar


Bahasa Pemrograman
1. Program harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu dalam bahasa pemrograman, dibedakan menjadi:
• Bahasa tingkat rendah (low level language):
Bahasa yang berorientasi ke mesin.
• Bahasa tingkat tinggi (high level language):
Bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti bahasa inggris). Contoh bahasa Pascal, bahasa C, dll.
2. Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (kenal dengan biner digit) dengan menggunakan penerjemah.
Penerjemah:
• Interpreter : menerjemahkan baris per baris instruksi. Contoh bahasa Basic.
• Compiler : menerjemahkan setelah seluruh instruksi ditulis. Contoh bahasa Pascal, bahasa C/C++, dll.
Algoritma
Arti umum adalah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis.
1. Algoritma adalah inti dari ilmu komputer
2. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
3. Algoritma adalah blueprint dari program
4. Sebaiknya disusun sebelum membuat program
5. Kriteria suatu algoritma:
• Ada input dan output
• Efektifitas dan efisien
• Terstruktur
Contoh:
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan 2 buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan warna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A
Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah pertukaran kedua larutan tersebut.
Untuk itu pertukaran isi dua bejana, diperlukan sebuah tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut:
Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian hingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.
Ciri Penting Algoritma
1. Algoritma harus berhenti setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas).
3. Algortima memiliki nol atau lebih masukan.
4. Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
5. Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).
Memrogram dan Bahasa Pemrograman:
1. Belajar memrogram adalah belajar tentang metode pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.
2. Belajar bahasa pemrograman adalah memakai suatu bahasa, aturan, tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya untuk membuat program yang ditulis dalam bahasa itu saja.
Notasi Algoritma:
1. Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
2. Notasi algoritma dapat berupa:
• Uraian kalimat deskriptif (narasi):
Contoh:
Algoritma kelulusan mahasiswa
Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersenut dinyatakan lulus, jika nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.
Deskripsi:
Baca nama dan nilai mahasiswa
Jika nilai >= 60 maka
Keterangan = lulus
Tetapi jika salah
Keterangan = tidak lulus
Tulis nama dan keterangan.
Tahapan Pembuatan Program:
1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya. Mencangkup : tujuan pembuatan, parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan, dan bahasa pemrograman yang digunakan.
2. Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Contoh Algoritma:
1. Mengirim surat kepada teman:
• Tulis surat pada secarik kertas surat
• Ambil sampul surat
• Masukkan surat ke dalam sampul
• Tutup sampul surat dengan perekat
• Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat surat pada sampul
• Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat surat pada sampul
• Tempel prangko pada sampul
• Bawa sampul ke kantor pos untuk diposkan
2. Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap:
• Masukkan sebuah bilangan sembarang
• Bagi bilangan tersebut dengan 2
• Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2
• Bila sisa hasil sama dengan 0, maka bilangan itu adalah bilangan genap
• Jika hasil bagi sama dengan 1, maka bilangan itu adalah bilangan ganjil
Flowchart
1. Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah
2. Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
3. Ada 2 macam flowchart:
• System flowchart:
Urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
• Program flowchart:
Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.
Contoh program Flowchart
Simbol-simbol Flowchart
1. Flow Direction Symbols (simbol penghubung alur)
2. Processing Symbols (simbol proses)
3. Input-Output Symbols (simbol input-output)
Tabel Simbol-simbol Flowchart
Pembuatan Flowchart
1. Tidak ada kaidah yang baku
2. Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
3. Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.
4. Secara garis besar ada 3 bagian utama:
• Input
• Proses
• Output
5. Hindari pengulangan yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
6. Jalannnya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
7. Sebuah Flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan End.
Pseudocode:
1. Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus jika tidak maka dinyatakan tidak lulus.
Deklarasi:
Nama : String
Nilai : Integer
Keterangan : String
Deskripsi:
Read (nama, nilai)
if nilai >= 60 then
Keterangan = 'lulus'
else
Keterangan = 'tidak lulus'
write (nama, keterangan)
Aturan Penulisan Teks Algoritma
1. Judul Algoritma
Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut.
2. Deklarasi
Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan di dalam program. Nama tersebut dapat berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedure, dan fungsi.
3. Deskripsi
Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditulis dengan menggunakan notasi yang akan dijelaskan selanjutnya.
Contoh Pseudocode:
1. Algoritma Luas_Keliling_Lingkaran (ini merupakan judul algoritma)
{
Menghitung luas dan keliling untuk ukuran jari-jari tertentu. Algoritma menerima masukkan jari-jari lingkaran, menghitung luas dan kelilingnya, dan mencetak luas lingkaran ke piranti keluaran
} (ini spesifikasi algoritma)
2. Deklarasi
const phi = 3.14 {nilai konstanta phi}
R : real {jari-jari lingkaran}
Luas : real {luas lingkaran}
Keliling : real {keliling lingkaran}
3. Deskripsi
Read (R)
Luas = phi * R * R
Keliling = 2 * phi * R
Write (luas, keliling)

66 komentar:

{ camuy } at: 5 September 2013 pukul 03.11 mengatakan...

Sangat Membantu (y)

{ Nida } at: 17 Oktober 2013 pukul 19.40 mengatakan...

wahh..membantu sekali ini..thank's ya..

{ Unknown } at: 28 Oktober 2013 pukul 22.42 mengatakan...

Mantap ,.. ijin sedot gan....

visit gan bila ada waktu hehe :D http://yours-movie007.blogspot.com/

{ Ahmad Sayadi } at: 7 November 2013 pukul 22.30 mengatakan...

Izin Sedot

{ Brujeng } at: 4 Maret 2014 pukul 19.31 mengatakan...

Mantap dan sangat membantu kali

{ Muhammad Obito } at: 8 Juli 2014 pukul 09.24 mengatakan...

super sekali, izin copy

{ Admin } at: 17 Agustus 2014 pukul 08.09 mengatakan...

izin bookmark gan

{ hartoto dinata im tools programmer } at: 18 November 2014 pukul 19.55 mengatakan...

keren! nih Ane share "ASP.NET VB calendar auto select dengan dropdown list" http://bit.do/Uy9m

{ adm } at: 4 Januari 2015 pukul 01.19 mengatakan...

Baca juga ya
Algoritma dalam pemrograman | Belajar dan berbagi Tutorial Visual Basic

{ Yayan } at: 4 Januari 2015 pukul 18.30 mengatakan...

nice share gan,,
sangat membantu

{ Gaexe } at: 4 Februari 2015 pukul 02.48 mengatakan...

MENGENAL ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR

{ Unknown } at: 1 Juli 2015 pukul 23.50 mengatakan...

wah gilaa.. susah juga ya algoritma itu
http://cikspeechless-words.blogspot.com/

{ Unknown } at: 26 Agustus 2015 pukul 08.06 mengatakan...

makasih infonya gan

{ Unknown } at: 22 September 2015 pukul 16.01 mengatakan...

izin sedot gan

{ azi } at: 7 November 2015 pukul 03.57 mengatakan...

mantep bang

{ Unknown } at: 22 Desember 2015 pukul 01.05 mengatakan...

lumayan membantu gan

{ Falakh Muh } at: 28 Desember 2015 pukul 19.56 mengatakan...

semacam logika pada matematika yo gan. sangat membantu

{ Unknown } at: 2 Februari 2016 pukul 21.12 mengatakan...

SALAM SUKSES DAN SELALU BERPRESTASI

{ Cerita Pasuruan } at: 15 Maret 2016 pukul 08.28 mengatakan...

Keren, info soal bahasa pemprograman. moga bermanfaat buat yang baca...

{ Unknown } at: 19 Maret 2016 pukul 00.39 mengatakan...

trims . kalau boleh usul, tambah buanyak lagi contohnya ya.........

{ Unknown } at: 23 April 2016 pukul 07.25 mengatakan...

Masuk akal. Mks.

{ Unknown } at: 23 April 2016 pukul 07.26 mengatakan...

Masuk akal. Mks.

{ Unknown } at: 2 Juni 2016 pukul 02.00 mengatakan...

nice post

{ Unknown } at: 20 Juni 2016 pukul 18.41 mengatakan...

saya mengenal komputer hanya sebatas bisa miscrosoft dan sejajarnya, apa jika saya masuk jurusan teknologi informasi akan ada peluang untuk menguasai hal itu?

{ Unknown } at: 16 Juli 2016 pukul 14.48 mengatakan...

Gan Thanks yah ... Btw kita bisa komunikasian gakgan tujuannya sih mau belajar!! :-D hhee

{ Unknown } at: 1 September 2016 pukul 00.46 mengatakan...

thanks untuk pelajarannya,,

{ Unknown } at: 3 September 2016 pukul 08.28 mengatakan...

Sangat membantu walau sedikit membinggungkan...
Terima kasih, setelah algoritma apalagi yang harus di pelajari agar menjadi hacker

{ Unknown } at: 21 September 2016 pukul 23.00 mengatakan...

ijin copas

{ Unknown } at: 23 September 2016 pukul 08.51 mengatakan...

terima kasih informasinya gan sangat membantu sekali GAME ANDROID

Anonim at: 23 September 2016 pukul 09.37 mengatakan...

Terimakasih

{ Unknown } at: 1 Oktober 2016 pukul 07.28 mengatakan...

makasih min, info yg sangat bermanfaat sekali..

{ Unknown } at: 7 Oktober 2016 pukul 08.41 mengatakan...

Maksih brohhh, saya jadi tau

{ Unknown } at: 12 Oktober 2016 pukul 19.26 mengatakan...

sangat membantu, terima kasih :)

{ Unknown } at: 9 November 2016 pukul 01.05 mengatakan...

Thanks bro, ijin sedot yaa

{ Unknown } at: 27 Desember 2016 pukul 01.34 mengatakan...

yang pengen belajar algortima / yang pengen jadi programmer , yuk gabung dengan universitas gunadarma , karena dari awal hingga akhir terus belajar algoritma , more info http://gunadarma.ac.id

{ Unknown } at: 30 Desember 2016 pukul 09.57 mengatakan...

sangat membantu :) trims

{ Unknown } at: 23 Januari 2017 pukul 06.44 mengatakan...

Terimakasih gan

{ Unknown } at: 23 Januari 2017 pukul 06.47 mengatakan...

Terimakasih gan

{ Unknown } at: 27 Mei 2017 pukul 08.46 mengatakan...

Terima kasih informasinya

My blog

{ wayannikiardiyanti } at: 1 Juni 2017 pukul 19.38 mengatakan...

keren mas postingannya,,makasih

{ Unknown } at: 1 Juni 2017 pukul 20.27 mengatakan...

Thankyou. Bermanfaat. Lebih bagus lagi kalo ada contoh coding dalam aplikasi pemograman langsung 😊

{ Desukuy TV } at: 2 Juni 2017 pukul 03.04 mengatakan...

Terimakasih lumayan bisa dimengerti tentang algoritma pemrograman

{ Muhammad Syariansyah } at: 2 Juni 2017 pukul 07.04 mengatakan...

mantap artikel nya

{ Unknown } at: 5 Juni 2017 pukul 14.06 mengatakan...

pengen belajar utak utik komputer gan , nice bngt infonya

{ Unknown } at: 11 Juni 2017 pukul 12.05 mengatakan...

Mantap Djiwa

Myblog

{ rianto sitorus } at: 3 Juli 2017 pukul 08.33 mengatakan...

ya ampun, saya gak ngerti. niat belajar malah pusing sendiri. haha anak IT mana nih πŸ˜‚

{ Unknown } at: 2 Agustus 2017 pukul 04.10 mengatakan...

ijin copast ya bro

{ Unknown } at: 19 September 2017 pukul 18.10 mengatakan...

ijin copy gan

{ Unknown } at: 8 Desember 2017 pukul 04.58 mengatakan...

Makasih ilmunya bang semoga slalu memberikan kontribusi

{ Unknown } at: 9 Desember 2017 pukul 22.27 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
{ Unknown } at: 9 Desember 2017 pukul 22.34 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
{ Unknown } at: 9 Desember 2017 pukul 22.38 mengatakan...

Terima kasih atas referensi nya, semoga tetap semangat dan sukses selalu.

Kunjungi juga My blog ya

{ Unknown } at: 10 Desember 2017 pukul 18.42 mengatakan...

super sekali
My blog

{ mey agustin } at: 16 Desember 2017 pukul 00.59 mengatakan...

blog yang asyik
kunjungi juga blog saya

{ Unknown } at: 17 Desember 2017 pukul 06.48 mengatakan...

super sekali



http://blog.binadarma.ac.id/

{ Unknown } at: 17 Desember 2017 pukul 07.37 mengatakan...

terimakasih...
membantu sekali


my blog

{ Unknown } at: 17 Desember 2017 pukul 20.33 mengatakan...

Terimakasih.. sangat bermanfaat..
Kunjungi my blog

{ Arirahmansaputra } at: 21 Desember 2017 pukul 18.25 mengatakan...

SANGAT BERMANFAAT TERIMAKASIH

http://blog.binadarma.ac.id/fatoni

{ Unknown } at: 2 Juni 2018 pukul 18.08 mengatakan...

sangat bermanfaat
My blog
My Campus

{ 1722300001_Nathania Benedicta Idelia_MI2J } at: 15 Juni 2018 pukul 10.52 mengatakan...

Algoritma dipakai untuk penghitungan, penalaran otomatis, dan pemograman data.
Jangan lupa kunjungi website dan blog kami di
http://www.atmaluhur.ac.id
1722300001myblog.blogspot.com

{ Unknown } at: 8 September 2018 pukul 06.14 mengatakan...

Halo gan.
Makasi infonya ya gan sangat bermanfaat sekali. Saya udah mengerti yg agan jelasin/baru ngerti. Sebelumnya saya ucapkan terimkasi. Saya mau mintak tolong invet line saya ID nya :kadek_budi_artayasa sya butuh bantuan agan.tolong di undang ya gan saya tunggu makasi sebelumnya

Anonim at: 25 Desember 2018 pukul 08.23 mengatakan...

Wis mantav banget ,sangat membantu

{ Politikus Muda } at: 31 Desember 2018 pukul 04.54 mengatakan...

Ribet juga....

https://www.inspectorpov.com/2018/12/menjadi-developer-tanpa-kuliah.html?m=1

{ hasanudinnam } at: 8 Januari 2019 pukul 04.19 mengatakan...

ga ngerti pengen serius belajar nih

{ tayyabsaqlain } at: 1 Juli 2019 pukul 23.29 mengatakan...

Twesocial helps you grow your twitter with real twitter followers. Buy Twitter followers and grow with active followers. Real results, real people. Get twitter followers now.

{ officelaptop } at: 20 Januari 2021 pukul 05.59 mengatakan...

I can see that you are an expert at your field! I am launching a website soon, and your information will be very useful for me.. Thanks for all your help and wishing you all the success in your business. λ¨ΉνŠ€κ²€μ¦

Posting Komentar